Kuku Kaki Jempolnya Bau

Jempol kaki, sebuah topik yang tak bosan-bosannya kita explore sana sini, mulai bentuk yang aneh dan beda dari jari kaki yang lain, sampai yang masih terus nge-hits dari dulu sampai sekarang, yaitu bau khas dari jempol itu sendiri alias bau tak sedap. Nah ini yang lagi aku coba bahas, sebenernya apa sih penyebab munculnya bau yang muncul dari pojokan tepian kuku dan daging ini?
apa sih penyebab timbulnya bau yang dapat membinasakan hidung kamu dan teman-teman?

Mitos yang beredar sih dan yang paling ngehits adalah kaos kaki. Tapi mengapa harus kaos kaki yang jadi kambing hitam? emangnya kambing hitam pake kaos kaki? Jika memang penyebabnya adalah kaos kaki, berarti bau kaki itu berbanding lurus dengan kaos kaki. jika kaos kakinya bau maka kakinya juga bau. *yaeyalah*


Yang jadi pertanyaan kaos kaki seperti apa yang menyebabkan bau? atau jempol kakilah yang menyebabkan kaos kaki menjadi bau? Ini masih menjadi misteri panjang dari zaman Sherlock Holmes sampai zaman Shinichi Kudo.
Post ini pun ada kaitannnya dengan kejadian ini
Naluri detective saya pun terpanggil. Misteri ini sepertinya sungguh sangat menarik tuk diselidiki.

Hal pertama yang sangat rasional yang ane lakukan adalah memastikan. dengan cara mencium jempol kaki saya sendiri, wah alhamdulilllah yah sementara ini belum tercuim bau itu (yaialah wong lagi pileg :D).
kebeneran saya pernah membaca di salah satu artikel tentang hal ini. maaf saat itu lupa nyantumin sumber. wong pas di perpus
Menurut artikel itu, penyebab dari bau tersebut adalah kurang bersihnya kaki (terutama daerah tumit dan sela-sela jari). bau tak sedap dapat bersumber dari kuku dan ujung jari.
Kuku yang menyebarkan aroma tak sedap pada umumnya disebabkan oleh infeksi mikro-organisme, terutama kuman (bakteri) dan jamur.
Penyakit kuku yang paling sering berperan menyebarkan bau, adalah:
  • Paronikia (paronychia)
  • Kandidiasis (jamur kandida)
  • Onikomikosis(jamur tinea dan ragi) *emang kuku kaki  makan tape yah?  Jangan2 karena kuku kaki lupa belum mngggosak giginya setelah ia makan tape.
Jika ada infeksi mikro-organisme pada kuku, maka pengobatan diarahkan pada upaya pemberantasan penyebabnya. Selain itu, upaya pencegahan patut mendapatkan perhatian agar kita terhindar dari infeksi kuku.
Lantas pertanyaanpun kembali muncul. "Gimana cara agar gak kena bau itu kakak?"

ini tips perawatan kuku kaki:
  • Potong kuku kaki secara teratur, tidak terlalu dalam dan tidak melebihi batas kuku bebas (ujung kuku) dan bagian kulit yang menyangga ujung kuku (hiponikium)
  • Jangan mencongkel-congkel sisi kuku yang berbatasan dengan kulit, karena dapat menyebabkan infeksi (bisa bengkak dan bau).
  • Jaga kuku kaki tetap kering. Bagi seseorang yang pekerjaannya menuntut selalu berada di air, usahakan mengeringkannya segera setelah tidak bersentuhan dengan air.
  • Bersihkan kuku kaki setiap mandi dengan sabun dan gosok sela-sela jari hingga bersih.
Tambahan upaya perawatan:
  • Jika langkah di atas tidak menghilangkan bau, dapat dipertimbangkan serbuk (bedak) pengering, sepanjang tidak menimbulkan iritasi dan efek samping.
  • Usahakan alas kaki (sepatu, sandal) tetap kering untuk menghindari kelembaban yang beresiko menimbulkan bau.
  • Jangan biarkan kaos kaki tak tercuci. apalagi selama 10 semester. baunya bisa memusnahkan peradaban.
Mungkin yang paling ampuh mengilangkan bau tak sedap pada jempol kaki adalah mengamputasi jempol kaki. Ada tips lain ? Monggo berbagi.

Selamat bersih-bersih kuku kaki.


Kuku Kaki Jempolnya Bau Reviewed by TomiAzami on 00:35 Rating: 5

6 comments:

  1. Info yang menarik, Saya bagi-bagi info bagi yang memiliki permasalahan dengan kuku, baik kuku kaki busuk, kuku bernanah, kuku bengkak, kuku cantengan, atau kuku rusak karena jamur bisa mengobati dengan obat kuku resep dokter. kebetulan aku punya resepnya. Bisa lihat di http://www.obatkukukaki.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Tips bagus..tapi bagian mengamputasi kayaknya perlu diedit lagi sobat.

    ReplyDelete
  3. Anda tidak perlu susah2 untuk hilangkan bau kuku,anda harus cuci kaki dahulu dan ambil kapur sireh dan tempel kan bagian yang berbau itu seperti di celahan kuku ibu jari kaki..inshaAllah tidak malu bila mendekati diri pada orang lain.

    ReplyDelete
  4. Anda tidak perlu susah2 untuk hilangkan bau kuku,anda harus cuci kaki dahulu dan ambil kapur sireh dan tempel kan bagian yang berbau itu seperti di celahan kuku ibu jari kaki..inshaAllah tidak malu bila mendekati diri pada orang lain.

    ReplyDelete
  5. Oh ternyata itu toh penyebabnya... ternyata gak cuma aku doang yang bau..heheh

    ReplyDelete

mau main balik gimana wong alamatmu gak ada

All Rights Reserved by Tomi Azami © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by MasalahTechno

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tomi Azami. Powered by Blogger.