Saturday, 6 June 2015

Kartun Kancil yang Bijak Mencuri Ide Dongeng Indonesia?



Kalian tahu serial kartun kancil yang bijak? Itu lho, di MNC TV, yang tayang tiap pagi dan sore hari muda-mudi berbusana rapi menyandang kitab suci. Lah ngapa gue jadi nyanyi Suasana di Kota Santri.

Judul aslinya mah “Pada Zaman Dahulu” tapi ceritanya didominasi kancil yang bijak. Kenapa didominasi? Karena sebenarnya tokoh utama seorang kakek yang sering dipanggil Aki. Aki ini suka ngemong dua cucunya, Aris dan Ara.
nih posternya. dari lescopaque.com
Ketika dua cucunya berulah, Aki selalu menasihati dengan cara menceritakan dongeng kancil yang bijak. Setiap mau mulai dongeng, si Aki selalu bilang “pada zaman dahulu….” Itulah kenapa judul serial kartunnya Pada Zaman Dahulu.

Tokoh utama dalam dongeng si Aki ini selalu sama. Kancil. Dia digambarkan sebagai hewan yang cerdik, bijak, trouble-shooter, dan... jomblo.

Kartun kancil yang bijak alias Pada Zaman Dahulu merupakan serial kartun dari Malaysia. Ini adalah kartun ketiga yang masuk ke Indonesia, setelah Upin-Ipin dan Boboiboy. Sama kayak dua kartun sebelumnya, Pada Zaman Dahulu juga penuh pesan moral dan menghibur. Aman dikonsumsi anak-anak dan ibu menyusui.

Genre yang diusung adalah fabel. Cerita yang semua tokohnya hewan yang berbicara dan bertingkah laku layaknya manusia. Premis utamanya, si kancil yang cerdik dalam menghadapi masalahnya sendiri dan masalah para penghuni hutan. 

Kalian agak familiar gak sih dengan cerita itu? apa cuma gue aja yang ngerasa?

Gini deh, Kalau kalian anak 90’an pasti jaman SD pas pelajaran bahasa Indonesia pake buku ini.


Ada yang masih inget beberapa bagian isi buku tersebut? Betul. Ada cerita fabel kaya kancil yang bijak. Ada lirik lagu Lihat Kebunku juga. Dulu gue suka karaokean tuh.

Kalau dilihat-lihat, serial kartun Kancil yang bijak a.k.a Pada Zaman Dahulu –yang lahir di Malaysia- mirip sama cerita-cerita yang berkembang di Indonesia. Tengok beberapa ceritanya. Ada kancil melawan buaya, ayam dan elang, balap lari kancil dan siput, dan masih banyak lagi. Semua itu hampir mirip sama cerita-ceita di buku bahasa Indonesia legenda itu. 

Bedanya disana Budi dan Ani gak terkenal. Apalagi Ibunya mereka berdua.

Nyolong ide orang Indonesia tuh.

Hush! Kita gak bisa menyalahkan mereka memanfaatkan ide orang-orang Indonesia. Kita juga gak etis ngeklaim kalau mereka bikin serial kartun itu pake cerita yang berkembang di Indonesia.

Menurut gue, mereka malah keren. Dengan semangat belajar, berkarya, dan memanfaatkan teknologi canggih mereka bisa bikin sesuatu. Bikin karya yang bisa nancepin karakter pada anak-anak. Mereka bisa mengubah –yang kalau di kita- dongeng sebelum tidur menjadi serial kartun yang bisa dinikmati kapanpun. Kita hanya berhenti di dongeng. Itupun udah jarang banget orang tua yang bacain dongeng sebelum anaknya tidur.

Eh gak berhenti di dongeng aja. Ada lagu juga deng.

Si kancil anak nakal
Suka curi-curi ketimun

Terus liriknya lupa. Kalian tau lagu itu kan? Yah ketahuan umurnya berapa deh.

Jujur pas awal-awal kartun itu nongol, gue sering banget nyeletuk, “beuh kayak cerita di buku bahasa Indonesia tuh.” Atau “idenya nyomot dongeng-dongeng disini nih.”

Itu dulu. Sekarang gue sadar, gak fair banget nilai kayak gitu. Gue gak tahu apa yang terjadi sebelum di produksinya kartun itu. Lagian gue juga gak tahu di Malaysia sono, berkembang fabel kancil yang bijak atau enggak. Siapa tahu, dongeng Kancil yang bijak di Malaysia juga ada.

Seperti quotes Abang Saleh, “Kita kan serumpun.”

Gue juga gak tau apa serial kartun Pada Zaman Dahulu itu emang idenya dari kisah fabel di Indonesia lalu orang-orang sono ngolah dengan ciamik, dan boooom… jadilah serial kartun yang ramah sama anak-anak.

Sekarang persoalan itu ide aslinya dari mana, gak penting lagi. malahan kita kudu terima kasih Malaysia udah nyediain media pembelajaran yang tokcer. Kita tinggal make. Inovasi dan kreatifitas mereka yang mengubah dongeng jadi kartun patut di acungin like dan retweet.

Dalam mata kuliah gue beberapa semester lalu, ada mata kuliah yang namanya Metodologi Pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang cihuy adalah bercerita. Bisa jditambahkan aksesoris pake boneka jari, kardus bekas, kardus baru juga gak papa.

Nah video kartun kayak Pada Zaman Dahulu boleh juga tuh bisa dipake guru, orang tua, atau anak yang udah gede tapi masih seneng nonton kartun. Ya kayak saya gini.

Tujuannya, ngejadiin tokoh dalam cerita sebagai role model buat mendidik anak-anak, pembentukkan karakter, sekaligus hiburan. Jadi terkesan gak menggurui. Lebih ngena juga.

Indonesia juga sama sih sebenarnya, role model-nya hewan juga. Cuma ya itu… isinya rebutan darah suci lah, harimau yang punya sodara lah. Pokoknya isinya drama, drama adu pinalti. 

Kebayang gak ketika di sekolah, anak-anak nyeletuk sama gurunya,
“Bu, saya ingin jadi kaya kancil, yang cerdik dan bijak dalam menyelesaikan masalah.”
“Bagus sekali, nak. Kalau kamu?” Nunjuk anak sebelahnya.
“Saya ingin jadi serigala, Bu, biar bisa ngisep darah suci, biar bisa pelukan mesra sama cewek, biar bisa masuk ingpotaimen.”
*gurunya nelen kapur merek sarjana*

It’s the end of the post. Semoga makin banyak tayangan yang ikut mendidik anak-anak. Syukur-syukur sih kartun yah, lebih mudah ditangkep anak-anak. Syukur-syukur juga bikinan anak negeri. Kaya Adit dan Sopo Jarwo, dan Keluarga Bang Somat. Ya pokoknya tayangan bermutu yang bisa menggeser sinetron di jam prime time, deh.

Terima kasih yang udah nyediain tenaga, mata, dan kuota buat baca postingan ini. Kalau kalian punya keresahan yang sama, monggo diketik di kolom komentar. Siapa tahu orang-orang KPI pada baca keresahan kita.

Capcus cyin.

53 comments:

  1. Indonesia udah kalah sama malayasia. Huh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita harus semangat dong ngalahin mereka lagi.

      Delete
  2. si kancil anak nakal
    suka mencuri timun
    ayo lekas dikurung
    jangan diberi ampun

    sajak ABAB

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihh tua ya masnya :D

      sajak ABAB masa gitu. bait pertama "L" bait ketiga "NG"

      Delete
  3. aku juga ingin jadi serigala, gak dapet darah suci gak apa-apa. Asal sempet megangin tangan nayla.

    Di Malaysia juga ada kisah kancil kok. Kisah tentang pak Pandir aja ada. mungkin karena serumpun itu kali yak. jadi budaya dan ceritanya mirip-mirip. namanya aja yang beda. Lagi pula, mau diklaim pun untk apa? toh tentang karya bisa mengambil referensi dari berbagai tempat. selama ini tontonan baik, yaudah, ikutan nonton aja. syukur-syukur ikutan bikin tontonan baik juga. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, kalau itu mah aku juga mau bang. secara, Jessica Milla gitu.

      baru tahu disono juga ada kisah pak Pandir. yups, serumpun, quotes Abang Saleh emang bener.
      tul, yang penting ada tontonan baik, tinggal nikmati aja.

      Delete
    2. hahahaa
      iyak inilah cowok-cowok penggemar Ganteng-Ganteng Serigala !

      Delete
    3. Bukan -_- saya mah suka gak sengaja gitu liat jessica milla. Seringnya gak sengajanya jam 7 malem

      Delete
    4. gak sengaja tapi udah di rencanain. itu namanya SENGAJAA.. SENGAJAA

      *sabar, sabar..

      Delete
  4. owalah baru tahu nih saya.

    kalau lihat cover buku itu jadi keinget waktu SD

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoihh jamannya bahagia...

      Delete
    2. siip bahagia tanpa beban. yang dipikir cuma maen doang. hehe..

      Delete
  5. Aih, gue jadi kangen balik ke masa SD dah, hahaha. Bukunya memorable banget. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gue juga.. yoih... bukunye legenda bangett

      Delete
  6. "saya ingin jadi cewek yang di ggs bu, biar bisa digigit sama om om ganteng,, eheheu"
    ya tom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buseet, mau jadi transgender kamu lant? hiihh.. aku mah ogah, kalau sendiri.

      Delete
  7. Aku ga ngerti cerita kartun itu, jarang nonton MNC soalnya. Tapi kalo buku legendaris itu tau :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nontonnya indosiar ya...dangdut akademi ya...
      tau buku itu berarti lo tua. :D

      Delete
  8. Kalau dipikir2 sih iya, tapi kayanya itu cerita dari jaman nenek moyang dulu deh sementarakan indo sama malay masih serumpun jadi yaa wajar sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoihh.. lagi2 quotes abang saleh kalau serumpun, bener.

      Delete
  9. “Saya ingin jadi serigala, Bu, biar bisa ngisep darah suci, biar bisa pelukan mesra sama cewek, biar bisa masuk ingpotaimen.”

    ANAK MACAM APA YANG NGOMONGNYA GITU :(

    Gak pernaah nonton MNC duh, jadi ngerasa kudet :3 jadi beneran ada kesamaan ya? ah tapi biarin sih, ambil positifnya aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak macam saya tuh. *eh

      Nontonnya dterong terus sih. Coba deh tonton, ceritanya kaya di buku legend.

      Delete
  10. hahaa itu kartun pada zaman dahulu hampir tiap hari aku tonton. :D

    Iya juga ya, banyak banget kesamaan indonesia dan malaysia. Bener juga deh, kayaknya itu karena kita serumpun dgn malaysia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup sama. Selain ceritanya bagus. Gambarnya juga halus. Kaya muka sayaa..

      Delete
    2. yawloh, muji diri sendiri.
      kasian.. ~

      Delete
  11. Gue jawab di sini ya. Tentanh tips pasang iklan, walau pake blogspot. 1. Konsisten ngebuat postingan. 2. Ngebuat sesuatu yang beda. 3. Banyak pengunjung. 4. Ya, daftar dan ikutin prosesnya. Btw, thanks buat komen di AUTHOR gue. Gue jadi tambah semangat.

    ReplyDelete
  12. Nggak suka nonton kartun yang di MNC TV kalau pagi suka nontonnya Spongebob aja seru hihihi
    Btw, buku itu masih ada itu zaman sd saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahh.. kan jam tayangnya gak tabrakan sama spongebob.
      Buku lintas zaman tuh

      Delete
  13. Hewan yang dipake Indonesia buat role model mah serem-serem. Dan sok ganteng. Suka main perempuan juga. Eh, suka ada tokoh perempuan cantiknya maksudnya.

    Tiap pagi kalau lagi sisiran, suka gak sengaja nonton kartun Keluarga Pak Somat. Kadang malam suka gak sengaja nonton Adit & Sopo Jarwo. Dari yang awalnya gak sengaja, akhirnya jadi nungguin jam tayangnya. Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nonton tv bisa nggak sengaja gitu ya??! Saus Tartar!!!

      Delete
    2. Gak penting alur ceritanya, yg penting jessica mila nya..

      Gak sengaja kok tiap hari yak? Keren.

      Delete
    3. Bisa. Gak sengaja jatuh cinta aja bisa kok. Haha.

      Delete
  14. ini cerita asal indonesia,di buat animasi sama malaysia, di tonton orang indonesia, lahh

    btw tu bukunya legend banget, jadi teringat jaman SD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yg bilang gitu, tp gak dikit juga yg bilang kalau di malaysia juga ada cerita itu.

      Delete
    2. Hai says Malaysian.. Sebenarnya kami memang dh tau cerita2 tu sejak kecil. Turun temurun (diwarisi) bukan tiru Indonesia. Mgkin negara serumpun ITU y ad persamaan

      Delete
    3. Hai says Malaysian.. Sebenarnya kami memang dh tau cerita2 tu sejak kecil. Turun temurun (diwarisi) bukan tiru Indonesia. Mgkin negara serumpun ITU y ad persamaan

      Delete
  15. adik saya suka nonton kartun Adit dan Sopo Jarwo, dan Keluarga Bang Somat.
    seru juga ternyata :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adiknya atau kakaknya nih yg suka nonton...

      Delete
  16. Saya suka.. Saya suka... Malaysia jauh lebih kreatif. Kartun-kartun mereka terkenal di Indonesia, nah Indonesia apa yang terkenal yaa...

    Penggemar kartun ya???? Sama. Saya juga. Rajungan!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia banyak kok yg terkenal. Cus di goodnews indonesia dot com.

      Hih. Udah gede sukanya nonton kartun. Dasar payah dasar lemah
      Saus tartar.

      Delete
  17. Ayo lekas dikurung. Jangan diberi ampun
    Masih inget B)

    Nah yg gini nih, mesti aja keduluan
    Menurutku sih animasi indonesia udah lumayan, ceritanya juga. Cuman msh kurang halus aja sih. Menurutku
    Ayo maju terus industri animasi indonesia!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sajak ini yg betul.
      Adit dan sopo jarwo udah halus kok.
      Majuu!!

      Delete
  18. hiy yah...tapi ambil positifnya ajah deh atas kejadian ini, kita harus ngaca diri, kenapa bisa begitu, kalah kreatif...moga dengan kartun kancil itu jadi inspirasi anak bangsa untuk segera menggali dan menyampaikannya lewat media televisi agar contoh positif bagi kehidupan dapat di tularkan ke seluruh negeri.
    saya follow Mang Lembu

    ReplyDelete
    Replies
    1. cc: orang-orang pertelevisian.

      aamiinn.. harapan kita semua pak.

      Delete
  19. Kadang saya nonton acara ini,,,, kalo sudah nonton suka teringat masa SD yang sering baca cerita2 dongen si kancil ini

    ReplyDelete
  20. Setidaknya malaysia lebih visioner bikin kartun dengan tema mendidik seperti itu...

    Lagian emang hak cipta kisah kancil gak jelas sih ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nembe tumon mas edots?
      yoi.. kita visionernya sinetron hewan.
      iya, siapa yg pertama kali nyiptain juga masih misteri

      Delete
  21. iya, mungkin di sana juga ada kisah kancil.
    cumaaa...kenapa ya tiga film itu si anak ga ada ortunya semua? upin ipin cuma punya opah, boboiboy sama atuk, aris ara sama aki. jurusnya lescopaque?

    ReplyDelete
  22. Wah... Cover Bhs Indonya ngingetin zaman SD ku dulu.. Apalagi aq suka pljrn bhs indo dan aq suka membaca. Menurut cerita, Si kancil itu cerita Rakyat Jawatimur. Dan gag mungkin lah sama dgn di Malaysia. Jawatimur sama Madura aja beda walau satu provinsi, apalagi malaysia yg jauh nan di seberang. Satu kata buat malaysia. Plagiat.

    ReplyDelete
  23. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    ReplyDelete

Tinggalin jejak yuk, Jangan jadi Silent Reader, biar bisa ngunjungin balik. Biar sama-sama ena, kaya permen jagoan neon, ena