Monday, 20 June 2016

Kultumnya Ntap Juga Ni




Bulan puasa kaya gini ceramah banyak banget. Di tv, radio, bahkan sampai Koran membuka kolom buat ceramah. Yang pasti di setiap masjid juga ada. Kadang namanya Kultum, kuliah tujuh menit, namanya doang ini, kadang ada yang sampe 15 menitan.

Diantara banyaknya ceramah atau kultum, kayaknya belum ada yang bisa menggelitik pikiran gue. Kayaknya semuanya sama, hikmah puasa itu bla bla bla bla sesuai Qur’an Surat Al-Baqarah: 183. Eh ada yang keren ding, di Metro tiap sahur, nah itu Prof. Quraish Shihab tuh yang ngisi.

Ya gak bisa nyalahin juga sih, mungkin kebanyakan yang di tv juga menyesuaikan segmentasi yang diincer orang-orang dibalik layar. yang di masjid-masjid juga menyesuaikan audiennya. Atau mungkin iman gue yang tipis yang kalau ada ceramah yang temanya itu itu aja bakal menghela napas panjang.

Bagus sih, bagus-bagus aja. Menyampaikan kebaikan. Toh kalau gue kalau disuruh ceramah gitu gak bisa. Wqwq. Tapi secara pribadi, gue penginnya ada ceramah pada bahas persoalan yang kekinian, kaya bagaimana pandangan agama soal hijab yang digunakan Valak.

Pas lagi eek setelah sahur di awal-awal debut puasa, gue sempet mikir, ini kalau ada ceramah yang bagus leh uga ni dimasukin blog. Biar blog gue rada syar’i dikit mumpung puasa. Tapi kalau cuma hikmah puasa mah udah banyak. Sekali lagi, bukannya ga bagus tapi udah banyak aja yang bahas.

Friday, 10 June 2016

Hampir Murtad dan Euro



Halo…
Uhuk-uhuk halo uhuk-uhuk..
Kok batuk?
Iya nih banyak debunya, udah lama kamu ga kamu tengok.
Iya hehe maaf. *lalu liat arsip bulan mei* Omaigat padahal itu bulan special buat gue. 

Lagi-lagi hampir mendekati level blogger murtad. Iya di bio-nya nyantumin blogger, tapi kelakuannya ngepost mah jarang.

Gak tau juga ya kenapa gue jadi jarang banget ngepost. Keresahan masih ada sih, tapi kayaknya beberapa udah nga cocok kalau dieksplor lebih lanjut.

Sebenarnya sih udah ngelakuin yang blogger sepuh ajarkan, selalu bawa notes kecil atau hape. Tulis di situ tiap ide muncul. Gue udah ngelakuin itu tuh. Cumaaaa buat mindah dari hape ke laptop itu hmm susahnya minta ampau.