Tuesday, 26 November 2013

Selamat Hari Guru Nasional



Guru, menurut ane salah satu profesi yang mulia. Tugasnya jelas, mencerdaskan kehidupan bangsa. Mengajari calon penerus bangsa membaca dan berhitung. Mengajari akhlak mulia, sopan santun, dan berkarakter.

Yap meskipun realitanya anak sekolah jaman sekarang jauh sekali dari yang namanya sopan santun dan berkarakter. Buktinya tawuran dimana-mana ada, anak SMP bikin video porno, pada masuk genk motor, anak sekolah pada galau soal pacaran (gak pada galau soal masa depan).
prihatin banget liat kaya beginian


Friday, 22 November 2013

Farewell Nephew, Farewell Grandma



Mendapatkan ujian berurutan memang gak enak. Pikiran kita jadi terbagi, konsentrasi buyar. Gak Cuma ujian dalam pendidikan. Ujian yang sebenarnya jika berurutan juga rasanya gak enak. Ini lah yang lagi dirasakan sama keluarga gue.

Ujian ini sukses membuat gue sempet vakum beberapa minggu untuk ngeblog. Bener-bener menyita pikiran banget.

Ujian berat datang silih berganti menghampiri keluargaku. Tanggal 9 november 2013 lalu keponakan gue dipanggil sama Yang Maha Pencipta. Dia terlalu cepat pake banget untuk dipanggil. Gue belum melihat kelucuan dia, belum mencubit pipinya, belum sempet ngajarin dia solat, bahkan gue belum denger dia manggil ‘om’ dia udah keburu dipanggil. Ya. Dia kembali saat masih dalam perut kakak gue. Tepat di usia kehamilan ke enam.

Thursday, 14 November 2013

Moto GP vs Sepak Bola, Seruan Mana?



Ane baru aja selesai ngaduk kopi kapal api pake bungkusnya saat nulis ini. FYI ane buat kopi ini pake gelas plastic bekas ‘Teh Gelas’. Ekonomis dan irit. Kalau selesai ngopi gak perlu dicuci tinggal buang aja. oke paragraph ini sangat tidak penting.

Pas nulis ini juga bertepatan dengan berlangsungnya Moto GP seri terakhir di Valencia. Katanya sih penentuan juara dunia antara Marques sama Lorenzo. padahal juaranya sudah ketahuan, selama Marques gak jatoh terus finish di posisi 4 besar ya dia juara. Dan beneran kan dia juara. Congratulation Marc. *salim*

Mas Tomi Azami yang gantengnya abnormal ini kurang begitu suka sama Moto GP. Ya ada suka nya sih, tapi dikit. Lebih sukanya nonton beritanya aja. kalau pas race nya gak terlalu. Hawanya ngebosenin aja. selain ngebosenin ada ngeboselasa, ngeborebo, ngebokamis, dan ngebojumat. Sabtu minggunya mana? Kan weekend, weekend kan mengasikan. Oke ini mulai lapar ngawur.

Ada beberapa alasan kenapa ane gak begitu antusias sama race Moto GP, tapi tetep nonton sih, sambil sesekali menguap.  diantaranya:

Wednesday, 13 November 2013

Captain Tsubasa, The Real Legend

Disela-sela mengorek kuping pake cutton bud, ingatan ane tiba-tiba muncul dan mengingat pada tahun awal 2000an. tahun-tahun dimana sebongkah Tomi Azami masih menjalani masa kecil ane dengan bahagia dan sempurna. belum ada gadget, lebih akrab dengan hal kotor dalam arti sebenarnya.

hal yang membuatnya menyenangkan adalah acara televisi yang masih sangat ramah sama anak-anak. satu yang gak akan terlupakan adalah serial anime Captain Tsubasa.

Bercerita tentang anak bernama Tsubasa Ozora yang sejak kecil suka sepakbola kemudian melalui proses (episode) yang panjang akhirnya dia bersama teman-temannya yang tergabung dalam timnas junior Jepang berhasil menjadi juara dunia. Sebelum itu dia bersama tim SMP Nankatsu berhasil menjadi juara turnamen SMP nasional.

semakin kesini ane semakin gede. ane mulai bisa mengambil pelajaran dari berbagai hal yang ada. termasuk Tsubasa. sekarang ane mikir, ternyata Tsubasa gak sekedar hiburan yang ramah buat anak-anak, lebih dari itu Tsubasa mengajarkan banyak hal tanpa harus menggurui.
apa aja?

Tuesday, 5 November 2013

Sunatan Massal ada, Nikah Massal ada, Tabrakan Massal?


Beberapa hari ini kita dikejutkan oleh peristiwa yang memprihatinkan. Ada ababil yang nabrakin orang sesuka jidat sendiri. itu dilakukan dengan sengaja dan disekolah, bukan di jalan raya. Sebenarnya kurang pas juga sih disebut ababil, kan usianya udah 21 tahun, mahasiswa lagi, tapi kelakuannya kaya gak punya otak aja.

Abege labil tua ini inisialnya APT, anak pensiunan polisi. dia mengendarai mobil dengan membabibuta di SMA Hang Tuah 2, Sidoarjo. Katanya sih dia mau ngaterin makan buat ceweknya, terus diperingatin sama satpamnya suruh lapor ke guru BK dulu. Eh dia marah, masuk mobil terus nabrakin anak-anak Hang Tuah. Serem abis men, ada yang mental beberapa meter, ada yang tulang sendinya geser, dan yang paling parah ada yang tulang ekornya remuk.

berita selengkapnya --> http://www.kaskus.co.id/thread/52751dd5f8ce17233c00000a/pelaku-anak-kapolda-ditegur-satpam-honda-jazz-tabrak-puluhan-siswa-di-sekolah/

#PrayForAlif

Monday, 4 November 2013

#WelcomeNovember, pindah status, dan balada makan-makan


“#WelcomeNovember. Be nice ya.” “#NovemberWish.” Dan Masih banyak slogan lain yang kerap ane lihat tiap awal bulan tiba. Norak banget tiap bulan mesti kaya gitu. Tapi akhirnya ane ikut-ikutan bikin twit #WelcomeNovember. Berharap agar bulan ini bersahabat dengan ane. Harapan juga semoga menjadi pribadi lebih baik lagi dari bulan kemarin. Bener juga sih.

November membawa banyak perubahan. Umur berkurang, rambut makin gondrong, kumis dan jenggot mulai kemana-mana. Namun bukan itu yang bikin galau. Yang bikin ganteng galau maksimal adalah ‘perpindahan’ status beberapa temen ane. Yup mereka telah pensiun sebagai mahasiswa dan pindah menjadi wisudawan. Ya wajar sih, mereka kan emang ngambil jurusan yang tiga tahun. Jadi mereka lulus tepat waktu. keren.

Wisuda menjadi ritual terakhir sebagai seorang mahasiswa. Dan itu sakral banget. Ibarat pertandingan timnas U-19, itu pas lagi nyanyi lagu Indonesia Raya. Sakral. Dan menjadi kebahagian sendiri bagi ane, jika bisa datang dan menemani mereka menikmati salah satu proses sakral dari hidup mereka. Selama ane tau kapan mereka jadwal wisuda,dan itu gak tabrakan sama jadwal mangkal kuliah. Ane berangkat. Ikut merasakan atmosfer wisuda bikin bulu ketek berdiri.

Satu alasan yang pasti kenapa ane mengharuskan diri ane untuk datang ke wisuda temen-teman adalah momen setelah wisuda selesai. Makan-makan pastinya. Selain foto-foto, makan-makan merupakan alasan yang paling masuk akal.